Tentang Kami

Pemegang Saham

Kontrak Bagi Hasil (Production Sharing Contract - PSC) Selat Madura terletak di Cekungan Jawa Timur, salah satu daerah paling produktif di Indonesia dengan cadangan minyak dan gas yang luar biasa. Eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas di Selat Madura pada awalnya dioperasikan oleh Husky Oil Madura Limited (HOML). Menyusul akuisisi saham HOML sebesar 50% oleh CNOOC Southeast Asia Limited, perusahaan tersebut berevolusi menjadi Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) pada 3 Oktober 2011.

Operasi PSC Selat Madura saat ini di bawah pengelolaan HCML. HCML dimiliki 40% oleh Husky Oil Madura Partnership, 40% oleh CNOOC Southeast Asia Limited, dan 20% oleh SMS Development Limited.

Husky Oil Madura Partnership adalah anak perusahaan dari Husky Energy Ltd., sebuah perusahaan energi terintegrasi yang berbasis di Kanada, yang beroperasi di Amerika Serikat dan kawasan Asia Pasifik. Sementara itu, CNOOC adalah perusahaan minyak nasional besar di Cina yang berfokus pada eksploitasi, eksplorasi, dan pengembangan minyak dan gas alam di lebih dari 20 negara. Samudra Energy Limited adalah perusahaan hulu minyak dan gas independen yang memiliki bisnis inti eksplorasi, eksploitasi, pengembangan, dan produksi minyak dan gas di Indonesia.

HCML telah menetapkan visinya untuk menjadi produsen gas terbesar di Jawa Timur dan operator pilihan di Indonesia. Untuk mencapai visinya, HCML terus berupaya untuk memberikan nilai kepada para pemangku kepentingannya melalui pelaksanaan yang sangat baik dalam bisnis minyak dan gas dengan komitmen kuat pada etika, kesehatan, keselamatan, dan lingkungan. Saat ini, HCML memproduksi gas sekitar 100 MMSCFD dari ladang BD-nya dan berharap untuk melipatgandakan produksinya dalam dua hingga tiga tahun mendatang dengan memproduksi lebih banyak gas dari lapangan MDA-MBH-MDK (3M) dan MAC. Pengembangan lapangan 3M dan MAC sedang berlangsung saat ini.

Melalui kantor pusatnya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Tower 1, Jalan Jenderal Sudirman Kavling 52, Jakarta, HCML mengoperasikan 2.516 kilometer persegi PSC Selat Madura yang mencakup beberapa wilayah di Jawa Timur, termasuk Sumenep, Sampang, dan Pasuruan. Untuk mempertahankan keberhasilan operasinya, perusahaan membuka Kantor Wilayah di Gedung Intiland Tower, Jalan Panglima Sudirman 101-103, Surabaya, pada 13 Juni 2012.

Profil

Husky-CNOOC Madura Limited (disingkat dengan “HCML”) merupakan salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMIGAS) yang berganti menjadi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, sebagai wakil dari Pemerintah Republik Indonesia untuk menjalankan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi di Blok Madura Strait. HCML sebelumnya adalah Husky Oil (Madura) Limited (“HOML”). Sebagai operator dari Blok Madura Strait, saat ini HCML dimiliki oleh Husky Oil Madura Partnership (“HOMP”), CNOOC Southeast Asia Limited (“CNOOC”), dan SMS Development Limited (“Samudra”).